UKM OLAH RAGA

Kegiatan:
UKM olah raga adalah kelompok mahasiswa yang cinta olah raga, khususnya olah raga pilihan Unimed. Olah raga pilihan diantaranya hkki, bola volly, tennis, bola kaki, bulu tangkis, bela diri.
Karakter:
ketangguhan, kebersihan dan sehat, disiplin, sportif, handal, berdaya tahan, bersahabat, kooperatif, determinatif, kompetitif, ceria dan gigih
SOP Pendidikan Karakter UKM Olah raga

Penerimaan Anggota Baru

Atribut Karakter

Langkah Kegiatan

Output

 

Kepercayaan (Trustworthness)

1.Melakukan pemberitahuan penerimaan anggota baru secara terbuka
2.Mengumuman  persyaratan calon anggota baru secara jujur
3.Melakukan seleksi anggota baru sesuai dengan aturan penerimaan

Brosur informasi penerimaan

Lembaran persyaratan

Pengumuman anggota baru

 

Kehormatan (Respect)

1.Menerapkan sopan santun terhadap calon anggota baru
2.Menggunakan bahasa yang baik dalam tegur sapa dengan calon anggota baru

Penampilan yang santun

 Ucapan selamat pagi, siang, dan sore

Tanggung Jawab (Responsibility)

Melakukan penerimaan anggota baru sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Pengumuman penerimaan berdasarkan persyaratan sesuai dengan SOP

Keadilan (Faerness)

1.Melakukan penerimaan anggota baru  secara adil sesuai dengan persyaratan
2.Memanggil calon anggota baru dalam seleksi secara urut sesuai urutan pendaftaran

Lembaran format penerimaan secara tranfaran
Lembar daftar peserta sesuai urutan pendaftaran

Kepedulian (Caring)

Membantu calon anggota dalam informasi penerimaan yang kurang jelas

Pemberian informasi penerimaan

 

Kewarganegaraan (Citizenship)

1.Melakukan kerjasama antaranggota Tim seleksi dalam tugas penerimaan
2.Bertindak sesuai hukum dan aturan yang berlaku

Kerjasama

Perilaku yang taat hukum dan aturan

       Pembinaan Anggota Baru


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

 

Kepercayaan (Trustworthness)

1.Pembukaan setiap acara kegiatan  dimulai dengan “ Assalamualaikum , Selamat pagi/sore/malam dan salam sejahtera bagi kita semua”
2.Menutup acara kegiatan dengan doa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing

SOP pembukaan dan penutupan kegiatan

 

SOP Penutupan Kegiatan

 

Kehormatan (Respect)

1.Memperlakukan calon anggota baru secara hormat
2.Menerapkan sopan santun terhadap calon anggota baru
3.Menggunakan bahasa yang baik dalam tegur sapa dengan calon anggota baru

Mengikuti Golden Rule

Penampilan yang santun

 Ucapan selamat pagi, siang, dan sore

Tanggung Jawab (Responsibility)

1.Membuat rencana kegiatan dalam tarung derajat
2.Melaksanakan kegiatan/pelatihan sesuai rencana

Roster kegiatan

Pelatihan sesuai roster

Keadilan (Faerness)

Selalu lakukan keadilan dalam proses pembinaan anggota baru dari

SOP Pembinaan UKM

Kepedulian (Caring)

Mengucapkan terimakasih dan bersyukur saat selesai kegiatan pembinaan anggota baru dalam

SOP pembinaan

Kewarganegaraan (Citizenship)

Ikuti hukum dan aturan yang berlaku di  tetap ditekankan terhadap anggota

SOP Aturan UKM

       Perumusan dan Pelaksanaan Kegiatan UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu berusaha membangun reputasi yang baik

Sertifikat penghargaan

Kehormatan (Respect)

Dalam pelaksanaan kegiatan  Tidak melakukan ancaman, memukul atau menyakiti anggota

SOP Kegiatan

Tanggung Jawab (Responsibility)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu lakukan yang terbaik

SOP Kegiatan

Keadilan (Faerness)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu memperlakukan semua orang secara adil

SOP Kegiatan

Kepedulian (Caring)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu Memperhatikan dan memperlihatkan kepedulian pada anggota

SOP

Kewarganegaraan (Citizenship)

Dalam pelaksanaan kegiatan   saling bekerja sama

SOP kegiatan

      Pengelolaan Keuangan UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

Melakukan administrasi secara terstruktur  perminggu/ bulan / pertahun

Buku kas

Kehormatan (Respect)

......................................................

.............................................

Tanggung Jawab (Responsibility)

Anggota UKM dan TIM bertanggung jawab dalam mengatur keuangan

SOP Tanggung jawab Keuangan UKM

Keadilan (Faerness)

Dalam melakukan pembagian dana Lelah haruslah sesuai dengan besaran Aktivitas dalam suatu kegiatan

SOP keadilan Keuangan UKM

Kepedulian (Caring)

Saat anggota UKM menerima dana Aktivitas dan dana lelah sebaiknya mengucapkan terima kasih dan bersyukur

SOP Keuangan UKM

Kewarganegaraan (Citizenship)

Membuat pengelolaan keuangan sesuai aturan yang berlaku      

Laporan pengelolaan keuangan sesuai aturan.

      Komunikasi dan informasi dalam UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

Jadilah berani melakukan yang benar dalam berkomunikasi dan informasi dalam

SOP Informasi Majalah, brosur, dan selebaran.

Kehormatan (Respect)

Menerapkan sopan santun; tidak berbahasa yang jelek dalam Majalah

SOP Informasi Majalah, brosur, dan selebaran.

Tanggung Jawab (Responsibility)

Bertanggungjawab terhadap kata-kata, sikap, dan tindakan komunikasi pada majalah

SOP Informasi Majalah, brosur, dan selebaran.

Keadilan (Faerness)

Tidak  mengambil keuntungan dari orang lain dalam mengungkap fakta tulisan

SOP Informasi Majalah, brosur, dan selebaran.

Kepedulian (Caring)

Selalu menekankan Jadilah baik dalam berbagai bidang komunikasi

SOP Informasi Majalah, brosur, dan selebaran.

Kewarganegaraan (Citizenship)

Dalam berbagai komunikasi selalu penekanan kearah Melindungi lingkungan agar tercipta lingkungan yang sehat

SOP Informasi Majalah, brosur, dan selebaran.

      Penanganan Konflik dalam UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

Berani mengatasi permasalahan berdasarkan kebenaran secara objektif

SOP Penanganan konflik

Kehormatan (Respect)

Toleran dan menerima perbedaan dalam Penanganan konflik

Sikap rendah hati.

Tanggung Jawab (Responsibility)

Selalu lakukan yang terbaik dalam Penanganan konflik secara bijak

Sikap dan perbuatan
bertanggungjawab.

Keadilan (Faerness)

Menyelesaikan masalah tanpa berpihak dan berlaku adil

Saling memaafkan.

Kepedulian (Caring)

Penyelesaian konflik yang dilandasi kesediaan memaafkan orang yang memohon maaf dalam kesalahannya

Perilaku memaafkan dengan tulus.

Kewarganegaraan (Citizenship)

Penanganan  konflik antar sesama anggota maupun satu UKM dengan UKM lainnya di lingkungan Unimed maupun dengan UKM di luar lembaga harus dilakukan secara kekeluargaan sesuai aturan yang berlaku.

Bekerja sama untuk berbuat yang baik dan melakukan kegiatan organisasi.