UKM MAPALA

Kegiatan:
Mapala adalah kelompok mahasiswa yang mencin-tai dan melestarikan alam.
Karakter:
Disiplin, cekatan, setia kawan, cinta lingkungan, keberanian, kerja sama
SOP Pendidikan Karakter UKM Mapala
UKM Mapala adalah unit kegiatan mahasiswa pencinta alam yang berupa wadah bagi mahasiswa yang mencintai alam, melestarikan alam, serta menyebarluaskan kesadaran akan pentingnya alam yang asri bagi masyarakat. Berikut ini SOP yang harus diikuti UKM Mapala sebagai bagian dari pendidikan karakter.

Penerimaan Anggota Baru

Atribut Karakter

Langkah Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

1.Mengumumkan waktu penerimaan anggota baru secara terbuka
2.Mengumuman  persyaratan calon anggota baru secara jujur
3.Melakukan seleksi anggota baru berdasarkan persyaratan
4.Mengumumkan anggota baru yang lulus seleksi

Brosur informasi penerimaan

 

Lembaran persyaratan

Anggota baru yang memenuhi syarat
Pengumuman anggota baru

Kehormatan (Respect)

Menerapkan sopan santun dengan tegur sapa sesama calon anggota dengan anggota lama

Selamat pagi/siang/sore

 

Tanggung Jawab (Responsibility)

Melakukan penerimaan anggota baru sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan

Pengumuman penerimaan berdasarkan persyaratan sesuai dengan SOP

 

Keadilan (Faerness)

Melakukan penerimaan anggota baru  secara adil sesuai dengan persyaratan

Lembaran format penerimaan secara transfaran

 

Kepedulian (Caring)

Membantu calon anggota dalam informasi penerimaan yang kurang jelas

Pemberian informasi penerimaan

 

Kewarganegaraan (Citizenship)

Melakukan kerjasama antaranggota Tim seleksi dalam tugas penerimaan

kerjasama

     Pembinaan Anggota Baru


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

1.Pembukaan setiap acara kegiatan  dimulai dengan “ Assalamualaikum , Selamat pagi/sore/malam dan salam sejahtera bagi kita semua”
2.Menutup acara kegiatan dengan doa bersama menurut agama dan kepercayaan masing-masing

SOP pembukaan dan penutupan kegiatan

 

SOP Penutupan Kegiatan

Kehormatan (Respect)

Memperlakukan  dengan hormat anggota terhadap anggota baru dari

Mengikuti Golden Rule

Tanggung Jawab (Responsibility)

Selalu lakukan yang terbaik dalam proses pembinaan anggota baru dari

Terciptanya tanggung jawab dalam

Keadilan (Faerness)

Selalu lakukan keadilan dalam proses pembinaan anggota baru dari

SOP Pembinaan UKM

Kepedulian (Caring)

Mengucapkan terimakasih dan bersyukur saat selesai kegiatan pembinaan anggota baru dalam

SOP pembinaan

Kewarganegaraan (Citizenship)

Ikuti hukum dan aturan yang berlaku di  tetap ditekankan terhadap anggota baru di

SOP Aturan UKM

 
    Perumusan dan Pelaksanaan Kegiatan UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu berusaha membangun reputasi yang baik

Sertifikat penghargaan

Kehormatan (Respect)

Dalam pelaksanaan kegiatan  Tidak melakukan ancaman, memukul atau menyakiti anggota

SOP Kegiatan

Tanggung Jawab (Responsibility)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu melakukan yang terbaik

SOP Kegiatan

Keadilan (Faerness)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu memperlakukan semua orang secara adil

SOP Kegiatan

Kepedulian (Caring)

Dalam pelaksanaan kegiatan  selalu Memperhatikan dan memperlihatkan kepedulian pada anggota

SOP Kegiatan

Kewarganegaraan (Citizenship)

Dalam pelaksanaan kegiatan   saling bekerja sama

SOP kegiatan

    Pengelolaan Keuangan UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

Melakukan administrasi secara terstruktur  perminggu/ bulan / pertahun

Buku kas

Kehormatan (Respect)

 

 

Tanggung Jawab (Responsibility)

Anggota UKM dan TIM bertanggung jawab dalam mengatur keuangan

SOP Tanggung jawab Keuangan UKM

 

Keadilan (Faerness)

Dalam melakukan pembagian dana Lelah haruslah sesuai dengan besaran Aktivitas dalam suatu kegiatan

SOP keadilan Keuangan UKM

 

Kepedulian (Caring)

Saat anggota UKM menerima dana Aktivitas dan dana lelah sebaiknya mengucapkan terima kasih dan bersyukur

SOP Keuangan UKM

Kewarganegaraan (Citizenship)

 

 

     Komunikasi dan informasi dalam UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

 

Kepercayaan (Trustworthness)

Jadilah berani melakukan yang benar dalam berkomunikasi dan informasi dalam

SOP Informasi Majalah

Kehormatan (Respect)

Menerapkan sopan santun; tidak berbahasa yang jelek dalam Majalah

SOP Penulisan UKM

Tanggung Jawab (Responsibility)

Bertanggungjawab terhadap kata-kata, sikap, dan tindakan komunikasi pada majalah

SOP Penulisan UKM

Keadilan (Faerness)

Tidak  mengambil keuntungan dari orang lain dalam mengungkap fakta tulisan

SOP tulisan majalah

Kepedulian (Caring)

Selalu menekankan Jadilah baik dalam berbagai bidang komunikasi

SOP Tulisan

 

Kewarganegaraan (Citizenship)

Dalam berbagai komunikasi selalu penekanan kearah Melindungi lingkungan agar tercipta lingkungan yang sehat

SOP Tulisan

    Penanganan Konflik dalam UKM


Atribut Karakter

Langkah Kegiatan/Kegiatan

Output

Kepercayaan (Trustworthness)

Jadilah berani dalam kebenaran mengatasi masalah di tubuh sesama anggota

SOP Penanganan konflik

Kehormatan (Respect)

Toleran dan menerima perbedaan dalam penanganan konflik

SOP Penanganan konflik

Tanggung Jawab (Responsibility)

Selalu lakukan yang terbaik dalam Penanganan konflik secara bijak

SOP Penanganan konflik

Keadilan (Faerness)

Selalu lakukan keadilan dalam Penanganan konflik secara bijak

SOP Penanganan konflik

Kepedulian (Caring)

Pada akhir jika adanya konflik  ditubuh sesama anggota UKM  harus saling memaafkan

SOP Penanganan konflik

Kewarganegaraan (Citizenship)

Pada penanganan adanya konflik sesama anggota maupun sesama UKM dilingkungan Unimed maupun UKM diluar kampus anggota  harus bersifat sukarelawan dan tetap mengikuti hukum dan aturan

SOP Penanganan konflik